Sejarah Sepak Bola

Sekitar 17. 000 imigran Salvador melarikan diri dari Honduras dan kembali ke El Salvador akibat kerusuhan yang terjadi dan kekerasan yang dilancarkan kepada mereka. Pada pertandingan perdana tanggal 8 Juni 1969, Honduras mengalahkan El Salvador dalam pertandingan kandang di Tegucigalpa, ibukota Honduras. Kala itu, dilaporkan bahwa timnas El Salvador terus-menerus diusik oleh perilaku para pendukung timnas Honduras sebelum jalannya pertandingan. Mereka dibuat terus terjaga di hotel akibat keributan yang sengaja dilakukan para suporter timnas Honduras. Di akhir pertandingan yang memenangkan Honduras tersebut, para suporter dari kedua belah pihak menjadi ricuh dan saling berseteru satu sama lain sampai mengakibatka stadion terbakar.

Di sisi lain, olahraga “American Football” jelas bukan berasal dari olahraga rugby. Apabila melihat dari aturan yang digunakan, “American Football” sebenarnya berasal dari “Gaelic Football”, yang meskipun sama-sama menggunakan tangan, tetapi memiliki aturan, luas lapangan, dan bola yang berbeda.

Selain di Inggris, dataran timur juga mengembangkan sepakbola dengan cara yang agak sedikit berbeda. Barulah setelah Negara-Negara Eropa melakukan penjajahan ke daerah Asia untuk mencari sumber daya alam serta menyebarkan pengaruhnya lebih luas, secara tidak langsung pun sepakbola tersebar ke berbagai penjuru dunia. Adapun timnas Nigeria menampilkan kostum ‘warna-warni’ mirip kostum saat mereka berlaga di Piala Dunia 1994. Meski hanya bisa disaksikan dari jauh, namun pertandingan sepak bola dipercaya bisa membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan mental dan semangatnya.

Sempat ada usulan untuk menyebutnya “Bola Naismith”, namun Naismith menolak. Pada 1893 permainan basket mulai diperkenalkan kepada dunia, dan kini telah menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat dan banyak negara lain.

Alurnya, prajurit-prajurit penjajah yang mengajarkan penduduk lokal untuk bermain sepakbola. Tujuannya adalah agar para prajurit tersebut mempunyai teman bermain karena hakikatnya sepakbola dimainkan sebelas lawan sebelas. Setelah itu, warga lokal akan mengembangkan permainan yang mereka terima sesuai dengan gaya main negara masing-masing, sesuai dengan kebudayaan tiap-tiap negara.

Hal ini salah satunya disampaikan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Akibat pandemi, penikmat sepak bola hanya bisa menyaksikan olahraga ini dari layar kaca.

Mayoritas negara melarang penonton datang ke stadion, untuk meminimalisir potensi penularan virus korona. Dalam permainan sepakbola ini, Suku Maya menggunakan bola yang terbuat dari karet dengan diameter sekitar 20 inci. Olahraga ini dimainkan dalam sebuah arena yang dindingnya terbuat dari batu disisi kiri dan kanan dengan ukuran lapangan dari 34 meter hingga yang terbesar 139 meter. Bahkan, imbas dari terus meluasnya virus corona, menyebabkan beberapa liga sepak bola di Eropa harus dihentikan sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *